Label:

Sebagaimana 'banyak jalan menuju roma', begitu pula jalan untuk bergembira bersama anak-anak. Petak umpet, tebak-tebakan,membaca buku, membentuk adonan terigu,ngobrol dari hati ke hati, dan masih banyak lagi jalan untuk menggembirakan anak-anak,termasuk satu yang juga sangat di sukai anak-anakku adalah mendongeng dengan jari.

Mendongeng dengan jari terinspirasi oleh tayangan di vcd Teletubbies. Di VCD teletubbies itu ada seorang guru TK yang mendongeng dengan alat bantu 'seluruh anggota tubuhnya'. Sangat atraktif. Anak-anak terkesan, begitu pula denganku.

Kucoba metode dongeng ini, dan ternyata sangat membuat anakku gembira, dan menjadi variasi untuk acara membaca buku. Dengan satu tangan menunjukkan jari telunjuk dan jari tengah (seperti kalo kita memperagakan jumlah dua), dan tangan lainnya jari-jarinya digenggam kecuali jari jempol,maka jadilah dongeng kelinci dan kura-kura. Ditambah badan anak-anak menjadi gunung dan hutan. Maka anak-anak sangat senang sekali karena ketika kura-kura dan kelinci itu melewati gunung dan hutan, terasa geli badan mereka, dan mereka pun menjadi terkekeh-kekeh sampai terbahak-bahak.

Comments (0)