Label:

Kemarin adalah hari pertama penyelenggaraan Taman Pendidikan Al Qur’an Cimanggis Greesn Residence I. Sebenarnya TPA ini sudah pernah diselenggarakan sebelumnya, hanya berlokasi di rumah Bunda Azka atau Ibu Dian, dan kemarin kala pertama TPA ini diselenggarakan di mesjid (karena mesjid baru saja selesai), so berasanya lebih resmi gitchu.

Walau kondisi kesehatan sedang kurang prima, jadi agak low bat, tetep TPA ini saya niatkan untuk jadi dilaksanakan. Apalagi melihat Akmal dan Hanif yang sudah semangat dan bertanya-tanya dari pagi, jam berapa TPA mulai. Begitu jam 3 mereka dah niat mandi, supaya siap TPA tepat waktu, tapi karena adzan Ashar sudah terdengar, niat mandi ditunda dulu. Akmal dan Hanif ingin sholat Ashar dulu di mesjid. Sepulang dari mesjid, mereka langsung mandi.

Tak lama kemudian, datang dengan semangat sekali, Sarah bersama Nina dan diikuti adiknya Sarah_Hafsah yang digendong Ummi. Sarah terlihat sangat ceria, begitupun Nina. Duh, melihat anak-anak ini semangat, jadi ikut semangat juga. He3 kebalik ya, kok ibunya yang mencontoh anak-anak

Akmal dan Hanif memanggil Azzam. Ternyata Azzam masih siap-siap. Kemudian Akmal dan Hanif menjemput Adit, ternyata Adit masih tidur. Mereka bingung karena kebanyakan yang ikut TPA anak perempuan, kugoda aja supaya mereka nyamar jadi anak perempuam, pake jilbab. Eh, Akmal menjawab: kan dalam Islam nggak boleh bu, laki-laki niru-niru perempuna. Hmmh, anak-anak sekarang, kecil-kecil dah berilmu.

Menuju mesjid, melihat Lala, langsung saja saya ajak ikut TPA. Alhamdulillah langsung mau. Hebat sekali anak-anak CGR I ini Alhamdulillah. Lala saya titipi untuk mengajak Najwa, Nadia, Nuha, Gian, dan Abi. Lala mengangguk-ngangguk, trus dia bilang “tapi Abi belum bisa ngaji”, saya jawab “nggak apa-apa, Hanif juga belum bisa!” Eh kita teriak-teriakan loh, soalnya Lala posisinya di depan rumah Nuha, dan saya di depan rumah Adiya, ah nggak pa2 ya…biar seru!

Sampai di mesjid. Sarah dan Nina sudah di sana, siap-siap sama Ummi dan Hafsah gelar tiker. Ummi Sarah dan Hafsah udah pasti satu paketlah. Baru duduk, Hanif dah tanya,”bu, bawa bekel nggak?” Yah, begitulah Hanif, setiap sampe ke tempat baru, dia pasti nanya makanan.

“Sarah nyamper Gian ya? Tadi Lala dah mau. Eh coba deh samperin dari Adit, Najwa, Nuha, Gian sampe Abi ya?” Eh, Sarah mengiyakan loh, Subhanallah, ya? Semangat sekali. Akmal diminta mengikuti Sarah dan Nina, tapi Akmal biasa lagi dateng M (males) nya, halangan deh dia…he3. Jadi cuman Sarah dan Nina yang bergerak. Hanif melanjutkan rengekannya mencari makanan

Sarah dan Nina datang bersama Safa, Danis. Lalu Lala datang bersama Nuha. “Gian kemana?” “lagi sakit” kata mereka bersamaan. Wah, sakit apa ya? Hanif terus merengek, ya sudah saya dan anak-anak pulang dulu ambil makanan.Sampe di mesjid ternyata TPA sudah dimulai, dengan membaca Al Fatihah dan do’a sebelum belajar. Hanif saya bujuk untuk ngaji dulu, makannya nanti aja di luar mesjid, khawatir mengotori mesjid, melihat TPA dah mulai Hanif tidak bersedia.
Karena Akmal dan Hanif baru datang, Ummi berkata sebaiknya Al Fatihah dan do’anya di ulang. Ternyata Anak-anak mau aja tuh, Subhanallah ya, betapa semangat dan bening hati anak-anak.

Lalu anak-anak dikelompokkan berdasarkan usia dan kemampuan ngajinya. Dan dilihat dari kelompoknya lalu ditentukanlah pengajarnya. Caranya dengan mengusahakan setiap anak belajarnya tidak bersama ibunya, biar mandiri. Ternyata Matching, Pas.

Akmal, Lala, Nuha bersama Ummi (Umminya Sarah)
Safa, Sarah, Nina bersama Ibu (Ibunya Akmal)
Hanif, Azzam, dan Danis bersama Bunda (Bundanya Safa)

Alhamdulillah, lancar. Anak-anak semangat belajar, demikian pula dengan Ummi, Ibu dan Bunda.
Ternyata cepet juga belajar ngaji, menulis, dan hafalan. Masih ada waktu, mau apa lagi ya. Save by the Bell: Bunda Masada datang! Alhamdulillah. Bu guru datang, langsung ditembak deh, diminta dongeng dan ngajarin nyanyi. Alhamdulillah Bunda bersedia. Senangnya. Karena tadinya saya yang diminta dongeng, sayangnya saya lagi nggak fit, jadi lagi nggak ada ide. Berasa terselamatkan deh he3

Eh Abi datang bersama ibunya, senangnya, tapi Abi belum siap, masih belum On, hari ini Insyaa Allah ya Abi mulai ngaji

Begitu denger Bunda Masada mau dongeng, langsung deh Bunda dikerubutin…kaya gula dicari semut he3, maklum ya guru dari semut2… Subhanallah deh Bunda Masada, dongengnya menarik dan atraktif, plus sabar….mendengar celetukan atau jawaban anak-anak yang sering nggak nyambung, ha3.

Alhamdulillah ngaji, nulis, hafalan, dongeng dah selesai, ditutup menyanyi Nama Malaikat dan Rukun Islam. TPA kali ini ditutup dengan mengucapkan Hamdalah dan do’a Akhir Majlis.

Riang, gembira belajar di TPA kemarin. Alhamdulillah, semoga hari ini lebih bersemangat lagi.
Buat temen-temen yang belum ikut, cepet gabung deh, Insyaa Allah selalu menyenangkan.

Comment (1)

TPAnya menyenangkan ya mbak :)