Label:

"Baca buku? Ah saya sih ibu rumah tangga tulen, kalau saya nambah aktivitas, pekerjaan rumah bisa terbengkalai"

Eng, saya bengong, asli terpana dan tersindir mendengar ucapan itu. Kena banget! Bener juga ya, apa karena saya masih nyempet-nyempetin buat baca, jadi keteter urusan teknis rumah tangga. Heu...bukan ibu rumah tangga sejatikah saya? Tapi mau gimana lagi, karena dengan baca saya bisa enjoy dan happy. Begitupun dengan menulis.

Hmm, sempet merasa bersalah. Tapiii, akhirnya mah teuteup yang muncul adalah defence.
Begini defence saya...

Di saat sekarang ini kan ilmu cepet sekali berkembang. Misalnya saja sederhana tentang susu. Dulu kita dikenalkan dengan menu sehat, 4 sehat 5 sempurna, yang ke 5 susu. Dan dari dulu yang populer adalah susu bubuk. So, tugas kita nih, ibu-ibu nyediain susu dong, buat anak-anak dan suami (kalo buat ibu...ya ntar ye itung budget dulu...begitu deh biasanya ibu-ibu:). Walaupun istilahnya pelengkap, nggak tau kenapa ya, susu memang jadi penyempurna menu,so susu jadi prioritas, ada budget khususlah buat susu, dan kita akan khawatir anak akan kurang gizi karena susu.
Tapi ternyata oh...ternyata...dengan semakin terbukanya arus informasi, sekarang niy diketahui kalo yang bagus tuh bukan susu bubuk, gizinya dah kegerus proses pengeringan, minimal-minimalnya pake susu tuh yang UHT, kalo bisa yang asli alias susu murni langsung dari sapi.

Nah loh kalo nggak "ngapdet" ilmu lewat baca piye toh? Bisa-bisa kita salah kasih menu, salah satu tugas utama seorang ibu.

Setelah mengalihkan susu dari bubuk ke UHT, yang perlu proses menjelaskan ke anak-anak dan memotivasi anak-anak untuk mau minum UHT, ternyata ada kesempatan berlangganan susu sapi mentah, langsung deh ganti lagi jadi konsumsi susu murni. Walau berasa jadul karena susunya harus direbus dulu. Tapi memang begitulah yang terbaik, dijalani saja.

Pfhh lega rasanya sudah memberikan yang terbaik.

Eh baru juga merasa lega, si Ibu sudah baca ilmu yang lainnya kalo ternyata susu sapi tidak diperlukan oleh manusia,alias nggak perlu minum susu...waaa,pendapat apa lagi tuh.Kalo yang terakhir ini masih polemik dan saya belum menjatuhkan pilihan, walau dari penjelasan pendapat itu make sense, dan menggoda saya untuk berganti aliran:), tapi belum deh,untuk saya sendiri dah ganti susu jadi susu kedelai, anak-anak masih UHT dan susu murni.

Repot bener memang ibu yang satu ini, suami aja sampe suka keder, karena pulang kantor suka diadvokasi ini itu sesuai dengan perkembangan ilmu yang ada,ha...ha..ha.
Alhamdulillah misua orangnya pengertian dan percaya penuh deh, jadi sip...sip...sip, bisa langsung nerapin ilmu-ilmu baru.

Begitu juga dalam hal pendidikan dan pengasuhan, banyak banget perkembangan baru, kalo kita nggak belajar, hanya meniru cara orangtua atau menerapkan pola asuh yang merupakan koreksi dari pola asuh orangtua kita, rasanya kurang pas.

So, akhirnya saya keukeuh untuk selalu belajar dengan membaca dan menulis, hi..hi..seperti anak kelas 1 SD...calistung! Membaca buat update ilmu, menulis buat refreshing dan berbagi, dan tak lupa menghitung anggaran (teu nyambung dengan topik ini mah)

Lewat defence saya kali ini juga mau memberi apresiasi kepada para ibu yang mau update ilmunya sebagai Ibu Pembelajar..ke..ke..ke...gaya sekali. Boleh donk sekali-kali biar ibu-ibu percaya diri dan memiliki penghargaan diri. Kalo ibu sudah memiliki penghargaan diri yang bagus dan kemudian menjadi happy, siapa lagi yang mendapat cipratan kebahagiaan itu kalo bukan anak dan suami, ya tidak? Heu...heu maksa...

Dengan menjadi ibu pembelajar, maka itulah ikhtiar para ibu untuk memberikan yang terbaik pada anak dan suaminya, dan mudah-mudahan menjadi jalan untuk menjalankan amanahnya dengan baik. Dengan menjadi ibu pembelajar juga mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak untuk menjadi manusia-manusia pembelajar. Ya masa kita dorong-dorong anak buat belajar, tapi kitanya dah nggak mau belajar. Padahal cara paling efektif untuk mendidik anak adalah melalui contoh konkrit.

Menjadi ibu pembelajar selain diperlukan motivasi juga diperlukan support yang kuat dari pasangan dan juga anak-anak. Maka komunikasi adalah hal yang mutlak dilakukan.

So, yuk ah jadi ibu pembelajar!

Comments (2)

jd inget wkt sy mau resign, byk yg bilang "udah sekolah tinggi2 kok milih jd ibu RT kerjanya cm ngurus keluarga, nonton gosip 'ma sinetron"

Dalam hati sy bilang, "walopun sy ibu RT tp sy mau jd smart mom"

Yg sy lakukan skrg adalah ngurus rumah tangga (pasti dong..). inetan (ngeblog, cari2 info, dll), ngerjain hobi (baca buku & bikin kristik). Nonton Tv juga, tapi kebanyakan liat berita bukan sinetron atau gosip.

Apa sy bukan termasuk ibu yg sejati. gak tau juga deh silahkan di nilai), tp yg pasti sama dg mbak Lita sy merasa lebih enjoy & happy dg cara ini. Dan yg pasti tetep gak ketinggalan info walopun 'cm' seorang ibu RT :D

Iya tuh mba, sering banget nerima ekspresi verbal dan non verbal "malang nian kamu Lit, sekolah dah jauh, susah payah, dengan hasil yang memuaskan, kok ya...di rumah"

Tapiii niat investasi dunia dan akhirat akan bikin kita kuat

Tetep semangat mba Chi..