Label:

Bener nggak ya...istilahnya, maksudnya waktu untuk diri sendiri.
Akhir-akhir ini begitu kehilangan waktu untuk diri sendiri, karena tugas bertambah...sebagai konsekuensi dari memberhentikan asisten rumah tangga. Mau nulis juga jadi susah banget. Niy mumpung long weekend, "terpaksa" sekarang mendelete jadwal membacakan buku anak-anak. Hanya sekarang kok, besok ya sudah balik lagi ke rutinitas biasanya. Soalnya dah "kebelet" banget pengen nulis, pengen melepas energi, pengen cari inspirasi, pengen melepas kepenatan...

Kadang yang namanya ibu-ibu, waktunya habis terkuras untuk orang lain. Bahkan saking terkurasnya sering melupakan kondisi dirinya. Saya mengenal seorang Ummi, yang akhir-akhir ini jarang terlihat. Ternyata Ummi ini sedang sakit, sudah cukup lama, dan yang bikin saya sedih dan berpikir, Ummi ini belum ke dokter. Padahal dokter ada yang deket, mudah sebenernya kalo niat. Hmm sebegitunyakah pengorbanan seorang ibu?


Sekali lagi saya menjerit dalam hati: "sebegitulah pengorbanan seorang ibu??"
Sampe harus terseok-seok, mengurus orang lain dan melupakan diri sendiri.
Kadang bukan karena orang sekitar tak memperhatikan, seringkali karena kita merasa tak layak mengurus diri sendiri. Padahal menurut saya sih,harus dipaksakan memiliki waktu untuk diri sendiri. Baik itu berkaitan dengan kesehatan, kesenangan, hobi. Kita layak dan berhak kok untuk mengurus diri kita. Karena kalo kita ambruk secara fisik dan psikologis, kan anak-anak dan suami juga kena imbasnya.

("bu...bu lagi apa sih, kok dari tadi nyalain komputer aja? lagi ceting ya?" Akmal nanya nih...paling gatel ya anak-anak kalo liat ibunya lagi asik sendirian:)

("bu nggak jadi bikin kopi ya? sekarang Ayah yang nanya...hmm...nggak bisa liat ibu-ibu nganggur ye...)

Yah begitu deh, susah memang punya Me Time, tapi harus dipaksakan, biar seger lagi, fresh lagi, nyelip-nyelip nggak pa2,yang penting Me Time, asik dengan dunia kita sendiri!

Egois??? Kadang berasa begitu ya, suami dan anak nggak keurus...tapi sekali-kali boleh donk....

Comments (6)

Jadi ibu itu musti jadi kartu AS:
- cerdAS
- ikhlAS
- tangkAS
tapiiii.. boleh dong sekale-kaleee..
- malAS
hahahahahahaha....

kok sama dgn yg sy rasakan y :)

He3 ada-ada aja Ier, tapi memang bener sekali-kali malas, jangan dilawan! ikutin aja daripada stress. Toh ibu bahagia anak bakalan ikut bahagia. Happy Mom, Happy Children:)

Mba chi kayaknya kondisi seperti yang aku alamain tuh memang universal, dialamin sama semua ibu, ya nggak sih?

mbak, menurut aku perlu th, ntar ID nya ibu ibu kelelep sama superego keluarga...wakakaakakaaa (aduh aku harus belajar pikirannya freud)

Deu,beda euy kalo mahasiswa S2 komentar, pake teori....he3 ilmiah:)