Label:

Berbeda dengan AKMAL KECIL yang...

...minta baca paling nggak 10 buku baru bisa tidur
... sangat sayang sama buku-buku yang dia miliki (dari sejak bayi nggak ada sejarahnya Akmal ngerobek/mgerusak buku)
...selalu menyelesaikan bacaannya sampai tuntas

HANIF....
...nggak pernah minta baca buku sebelum tidur (gayanya pelor:)
...nggak merasa perlu ngerawat buku, sobek ya sobek...kalo perlu digunting ya gunting aja
...walau baru sehalaman, kalau Hanif ngantuk, Hanif pasti milih tidur daripada baca:),langsung pules lagi tidurnya...zzzzz

Perbedaan ini membuat saya tidak begitu banyak berharap:). Saya sudah menerima karakter Hanif sepenuhnya, dan mengapresiasi begitu banyak kelebihan dia, Hanif yang penuh ide, kreatif,suka ngobrol,pendengar yang baik, banyak bergaul, ramah dan tidak sombong ha3...berlebihan kali ya...eh tapi bener kok:)

Gayanya Hanif ini ternyata mempengaruhi semangatku untuk mengajaknya membaca. Jauh lebih kendorlah dibanding waktu Akmal kecil.

Namun ternyata walaupun klop antara minat Hanif yang kurang dan semangatku yang kendor, tidak menjadi sama dengan Hanif terus-terusan tidak minat baca.

Akhir-akhir ini minat baca Hanif meningkat tajam. Ia mulai terbiasa dengan rutinitas membaca sebelum tidur. Minta tambah buku dan tambah buku lagi sampai dia puas. Hanif juga bisa protes kalau aku ketiduran pas ngebacain buku:).

Kemajuan lainnya, dia sudah bisa bergaya baca, seakan-akan baca, padahal sih baca gambar. Tapi kata-kata yang diucapkan persis dengan yang ada di buku jadi kaya beneran baca.

Hmmh, jadi mikir kok dia bisa berubah.Padahal tidak ada perubahan cara mengasuh. Kenapa jadi suka baca?

Jawabannya adalah...sepertinya karena suasana "suka baca" ada disekelilingnya. Saya suka baca buku, Masnya juga. Buku juga ada di mana-mana. Lama-lama dia nyadar kali ya kalo baca itu asik. Plus rutinitas membaca buku sebelum tidur sebisa mungkin memang selalu dijalankan. Jadi akhirnya Hanif pun suka membaca. Alhamdulillah.

Pada dasarnya memang hanya minat baca yang saya tumbuhkan pada anak-anak. Saya tidak menstimulasi anak agar bisa cepat membaca. Minat,saya pikir lebih penting daripada mampu. Dan minat ini sepertinya seringkali luput dari "incaran" orangtua.

Padahal bisa terobservasikan, kalau begitu banyak orang yang bisa baca, tapi berapa banyak sih yang suka baca. Juga bisa terobservasi apakah orang-orang hebat yang berguna bagi ummat adalah orang yang sebatas bisa baca atau orang yang suka baca?

Comments (4)

Ta, kalo sebelum tidur gitu.. bacanya sambil tidur apa duduk?
Saya bingung, kalo ngelonin kan tiduran, sementara baca sambil tidur kan gak baik buat kesehatan mata?

kejadiannya kyk Naima. bedanya kl keke itu seneng bgt sm kegiatan mewarnai (hobby berat dia). nai pegang pensil juga gak mau awalnya. Tp memang lingkungan juga mempengaruhi, sy gak pernah maksa takut malah dianya tbh gak tau tapi mungkin krn setiap hari liat kakaknya asik mewarnai lama2 pun dia mulai tertarik sp akhirnya ikut ketagihan :)

Ier,biasanya anak-anak ngikutin aku, kalau aku masih fit, biasanya baca sambil duduk, anak-anak ikutan duduk. Kalau aku dah pegel-pegel,aku pilih baca sambil tengkurep (boleh nggak sih?),anak-anak ikutan tengkurep juga.
Waktu periksa mata, dan mataku silinder,anak-anak kan ikut nganterin jadi mereka dah tahu dari dokter,kalo mataku silinder gara-gara baca sambil tidur,jadi mereka dah ngerti, dan sengantuk-ngantuknya mereka kalo dah denger buku lagi dibaca mereka biasanya jadi bangun lagi:)

Mba Chi, iya nih biasanya anak kedua jadi ngikut kakaknya, makanaya bersyukur banget nih kalo kakaknya bisa jadi contoh yang baik:)